Pages

No Electricity, Sir!

Siapa yang belum pernah merasakan “PEMADAMAN LISTRIK”? Lampu yang menyala tiba-tiba padam, saat sedang asyik mandi, keramas lantas air berhenti mengalir, nonton tv/mendengarkan musik lantas mati tiba-tiba, mesin yang meraung kencang lalu berhenti bersuara dan lain-lain. Pernah bukan?

Apa yang kau rasakan, kesal, dongkol, sebal? Kau bertanya-tanya bagaimana mungkin di jaman sekarang listrik masih saja nyala dan padam tiba-tiba? Mungkin saja teman. Lantas muncullah bermacam dugaan, prasangka yang tak baik, menyalahkan ini-itu dan sebagainya. Namun, hei sadarlah! Mencari kambing hitam dalam setiap masalah bukanlah solusinya.

Listrik yang padam atau arus listrik yang tidak stabil bukan karena disengaja. Selalu ada alasan tertentu kenapa hal tersebut terjadi. Selalu berprasangka baiklah terhadap sesuatu. Kau tahu, bahkan sebuah Pembangkit Listrik yang besar sekalipun bisa mengalami PEMADAMAN TOTAL karena rusaknya suatu system. Dan itu adalah DUKA YANG DALAM bagi KOKI LISTRIK seperti saya.

Hari ini adalah tugas jaga malam. Usai pulang kerja, sarapan pagi dan mandi. Saya baringkan tubuh diatas kasur. Ketika matahari merangkak tinggi hingga menjelang siang. Saya terbangun, kurasa memang ada yang aneh. Ruangan yang mendadak panas, pendingin ruangan mati, lampu tidur juga padam.

Aku pun keluar dari kamar, kupandang Cooling tower yang berseberangan dengan kamar asrama. Sirkulasi air di Cooling tower semakin mengecil, gemuruh air yang jatuh tak lagi terdengar keras seperti biasanya, uap yang keluar dari Chimney tak ada lagi. Ya, kali ini DAPUR LISTRIK SEDANG TIDAK MEMASAK LISTRIK.

Aku sejenak berpikir. Jangankan pemadaman listrik yang biasa kita rasakan di perumahan, Pembangkit Listrik dengan berbagai macam system yang hebat pun masih mengalami kerusakan saat salah satu systemnya berhenti bekerja.

Kau tahu, ini adalah pemadaman listrik yang terhebat yang pernah kualami. Hampir 3 tahun ini aku bekerja di sebuah pembangkit belum pernah ada pemadaman listrik yang memakan waktu selama ini. Usut punya usut ternyata Dapur kami mengalami gangguan pada system jaringan, bukanlah Sang Koki Listrik bila tak bisa mengatasi masalah dengan segera.

Setelah mendapat aliran listrik bantuan dari Pembangkit terdekat. Dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk memulihkan aliran listrik yang terputus. Dan akhirnya aliran listrik untuk asrama, kantor menyala kembali. Namun masih butuh waktu yang lama untuk memulihkan semua system.

Aku tak akan menghitung berapa banyak kerugian yang harus ditanggung bagi Dapur Listrik kami karena kerusakan ini. Karena yang paling penting saat ini adalah segera memulihkan system. Tak bisa dibayangkan bukan, berapa banyak rakyat yang kecewa nantinya karena pemadaman yang panjang ini? Lantas segelap apakah malam nanti, kala malam menyelimuti sedangkan listrik pada lampu tak bisa menerangi?

0 comments:

Post a Comment