Pages

Review Buku: Kukila-M.Aan Mansyur

Pemilik akun twitter @hurufkecil ini yang biasa dipanggil tomat yang bernama asli M. Aan Mansyur baru saja menerbitkan buku terbarunya yang berjudul ‘Kukila’.

Apa itu Kukila? Kukila adalah nama seorang wanita. Nama indah itu diberikan oleh kakeknya. Konon nama Kukila diambil dari dongeng masa lampau. Beranjak dewasa, Kukila menikah dengan Rusdi karena perjodohan. Dari rahim Kukila lahir tiga orang anak, dua perempuan dan satu laki-laki. Aurora, Nawa, dan Janu nama anak mereka. Namun di tengah perjalanan, bahtera Kukila dan Rusdi karam. Anak-anak yang dilahirkan Kukila bukan anak kandung Rusdi. Rusdi menyimpan rahasia besar, Rusdi homo. Rusdi mencintai Pilang, teman SMP-nya yang merupakan mantan kekasih Kukila. Ketiga anak yang dilahirkan Kukila adalah anak Pilang. Rusdi sendiri yang menyuruh Kukila tidur dengan Pilang. Rusdi tak ingin Pilang dimiliki oleh siapapun. Tahu Pilang berpacaran dengan Kukila, lantas Rusdi merebutnya dari Pilang dan menikahinya. Kisah mereka (Kukila, Pilang, dan Rusdi) berakhir tragis di ranting pohon RAHASIA.

Ada juga beberapa judul lainnya seperti Kebun Kelapa di Kepalaku, Setengah Lusin Ciuman Pertama, Perahu Kertas dengan Huruf-Huruf Kanji, Setia Adalah Pekerjaan yang Baik, Sehari Setelah Istrinya Dimakamkan, Membunuh Mini, Aku Selalu Bangun Lebih Pagi, Ketinggalan Pesawat, Celana Dalam Rahasia Terbuat dari Besi, Lima Pertanyaan Perihal Bakso, Lebaran Kali Ini Aku Pulang, Hujan. Deras Sekali, Tiba-Tiba Aku Florentino Ariza, Tiga Surat Cinta yang Belum Terkirim, dan Cinta (Kami) seperti Sepasang Anjing dan Kucing.

Saya suka semua judulnya, seperti yang biasa baca pada tweet-tweetnya M. Aan Mansyur di twitter dia selalu bisa membuat kata-kata lebih berwarna dan sedikit ‘nakal’, hehe..

‘Kukila’ ini bisa menjadi teman yang baik disaat istirahat sambil meminum kopi hangat, ataupun dijadikan kado untuk seseorang. Kisahnya yang beragam dan endingnya yang susah ditebak selalu menarik untuk dibaca. Kalian tidak akan menyesal membaca ‘Kukila’. Percayalah! ;)

0 comments:

Post a Comment