Pages

Semesta cinta

Cinta itu luas sekali maknanya, bukan hanya sepotong perasaan yang tak beralasan atau sekedar rasa suka pada lawan jenis. Cinta itu kompleks, artinya banyak sekali hal-hal yang harus kita pahami sebelum kita betul-betul tahu apa itu cinta. Cinta itu adalah sebuah bentuk keyakinan, harapan dan perbuatan.

Saat di pasar ketika kau menyaksikan penjual ikan yang sedang berjualan, para buruh yang mengangkut barang-barang, pakaiannya kotor, tangannya kusam. Maka itu adalah cinta. Cinta pada pekerjaan.

Ketika seorang suami yang pergi pagi pulang malam, banting tulang, kerja keras, berkeringat, untuk sebuah senyum yang terpancar dari seorang wanita yang ia cintai. Itu juga cinta, cinta seorang suami kepada istrinya.
Saat kau pulang ke rumah, Ibumu sudah menyiapkan makanan untukmu, itu juga cinta. Cinta seorang ibu pada anaknya. Ketika ayahmu pulang kerja lalu kau membuka pintu dan memeluknya, itu juga cinta. Cinta seorang anak pada ayahnya.

Di jalan raya, pasukan ‘biru’ dengan sigapnya membersihkan sampah yang berserakan di pinggir jalan. Anak kecil yang membuang sampah pada tong sampah, para warga yang bergotong royong membersihkan saluran air. Itu semua adalah cinta, cinta pada kebersihan.

Lihatlah matahari yang bersinar, itu juga bentuk cinta. Sinarnya menerangi bumi, membantu tumbuhan untuk berfotosintesis, mengeringkan pakaian yang dijemur, menghangatkan bumi dengan sinarnya.

Juga lihatlah bulan, bintang, itu adalah cinta. Cinta mereka pada malam yang setia menghias kolong langit agar tampak indah saat gelap. Perhatikan tetes hujan, ia adalah rupa cinta yang jatuh dari langit mengabarkan kabar gembira pada tanah tandus. Satu lagi, menulis juga adalah bentuk cinta. Cinta untuk berbagi melalui kata-kata.

Terima kasih Tuhan yang telah menciptakan cinta, hingga detik ini kami masih diberi kesempatan untuk selalu mencintaimu lewat rukuk dan sujud kami, lewat mulut kami yang selalu berdoa, lewat hati kami yang hanya berharap pada-Mu. Semoga rasa cinta kami ini selalu bertambah kepada-Mu. 

0 comments:

Post a Comment